Active Search Results

Kamis, 09 Januari 2014

Bahaya Dibalik Mengkonsumsi Permen Karet Nikotin

mengkonsumsi permen karet nikotin

Pada pembahasan sebelumnya, pernah dikemukakan mengenai cara untuk menghentikan kebiasaan merokok. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun sebuah study literatur memperlihatkan mengkonsumsi permen karet nikotin adalah cara yang sangat digemari.

Permen karet nikotin adalah sejenis terapi yang dilakukan untuk melindungi seseorang yang ingin berhenti merokok, agar tidak terkena efek penghentian nikotin, yang terkadang menyiksa. Beberapa efek yang sering terjadi adalah gelisah dan gemetar. Mengkonsumsi permen karet nikotin, berarti menggantikan posisi nikotin dalam rokok dengan nikotin dalam permen karet dalam kadar yang berbeda.

Mengkonsumsi Permen karet Nikotin Adalah Terapi Efektif

Pada dasarnya, beberapa studi literatur menyatakan tingkat kepuasan dari perokok yang mengkonsumsi permen karet nikotin. Beberapa peneliti juga membuktikan, dampak penggunaan permen karet nikotin lebih positif, dibandingkan terapi psikologi bagi si perokok.

Penelitian yang dilakukan di British Clinical Psychologist and reseach ini, menjelaskan sekitar 26 dari 69 perokok aktif yang diberi permen karet nikotin, berhasil berhenti merokok. Penelitian ini semakin mendukung penggunaan permen karet nikotin untuk menghentikan kebiasaan merokok. Sayangnya, beberapa perokok melupakan salah satu alasan mereka untuk berhenti merokok, yaitu untuk menghentikan konsumsi nikotin yang ada dalam rokok.

Beberapa perokok merasa mereka telah berhenti merokok, dan telah berhenti menghisap nikotin, padahal mereka hanya menggantikannya dengan mengkonsumsi permen karet nikotin. Walaupun kandungan nikotin dalam permen karet tidak sebanyak dalam rokok, bukan berarti tidak ada efek samping pada penggunanya.

Nikotin Dalam Permen Karet Akan Masuk Ke Pembuluh Darah

Mengunyah dan mengkonsumsi permen karet nikotin, dalam jangka waktu tertentu juga menimbulkan beberapa masalah. Kandungan zat adiktif yang ada di permen karet ini juga bisa masuk ke pembuluh darah.

Beberapa peneliti membuktikan, adanya hubungan antara nikotin dengan kerusakan pembuluh arteri. Nikotin yang masuk ke saluran darah, juga akan diakumulasi dan menimbulkan plak. Plak ini adalah ssalah satu penyebab penyakit jantung.

Informasi terbaru yang saat ini dipublikasikan adalah, terjadinya penyempitan pembuluh darah yang ada di mulut, gusi ataupun tenggorokan, saat kita mengkonsumsi permen karet nikotin dalam waktu lama. Efek yang paling dirasakan ketika terjadinya penyempitan pembuluh darah di gusi ini adalah, melambatnya aliran darah, sehingga sangat mungkin menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Salah satu yang terkenal saat ini adalah “gum Disease”

Mengingat terdapat bahaya di balik mengkonsumsi permen karet nikotin, maka amat disarankan untuk mempertimbangkan permen karet nikotin ini sebagai alternatif untuk anda yang ingin berhenti merokok. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan orang yang tepat sebelum melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar