Active Search Results

Kamis, 09 Januari 2014

Khasiat Daun Salam VS Kaptopril Untuk Hipertensi



Daun yang sering digunakan sebagai bagian dari bumbu masak, ternyata memiliki kelebihan lain. Selain sedap untuk membuat kaldu, daun salam telah diteliti memiliki khasiat untuk mengatasi hipertensi. Khasiat daun salam untuk menurunkan tekanan darah ini, tergolong lebih baik dibanding dengan kaptopril, sebagai obat penurun tekanan darah, dalam dosis yang disesuaikan.

Sebenarnya khasiat daun salam yang telah diuji, bukan hanya hipertensi. Daun salam juga dikenal sebagai tumbuhan dengan khasiat mengatasi diare, dikarenakan memiliki kandungan tannin yang tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh dosen farmasi ITB, Kusnandar juga mengemukakan bahwa khasiat daun salam juga bias untuk mengatasi Diabetes Melitus dan Asam Urat. Dan yang terbaru saat ini adalah untuk mengatasi hipertensi.

Walaupun baru sebatas uji pre klinis, atau uji terhadap hewan percobaan, namun terlihat nyata bagaimana daun salam yang digunakan secara rutin bisa menurunkan tekanan darah ringan sampai pada titik normal.

Penelitian mengenai khasiat daun salam ini dilakukan di Indonesia, yaitu di Sekolah Farmasi ITB. Penelitian ini dimuat dalam Prosiding Ilmiah IAI tahun 2010. Uji yang dilakukan dengan menggunakan hewan percobaan, yang diberikan ekstrak daun salam dalam keadaan normal, dan dalam keadaan hipertensi.

Khasiat Daun Salam Untuk Hipertensi Tampak Nyata Dalam Dosis 200 mg

Begitulah yang disampaikan peneliti dalam publikasi ilmiahnya. Sebelumnya uji ekstrak daun salam ini dilakukan pada tikus yang normal. Terlihat adanya penurunan tekanan darah baik terhadap tekanan sistol ataupun diastole.

Peneliti kemudian mencoba melakukannya kepada tikus yang dengan kejadian hipertensi. Dengan menggunakan ekstrak 200 mg daun salam, terlihat khasiat daun salam yang sangat baik. Bahkan penurunan tekanan darah ini bisa dikategorikan lebih baik dibandingkan dengan penggunaan kaptopril 12,5 mg, yaitu obat hipertensi yang lazim digunakan. Khasiat Daun Salam juga terlihat lebih baik lagi saat dosis ekstrak daun salam dinaikan menjadi 400 mg.

Daun Cincau Kombinasi Daun Salam Atasi Efek Samping Konstipasi

Menurut peneliti, konsumsi daun salam tunggal dalam mengatasi hipertensi, sangat mungkin menimbulkan efek samping. Efek samping yang biasanya terlihat adalah konstipasi.

Peneliti menemukan jumlah feses mencit yang sedikit saat mengkonsumsi ekstrak daun salam, yang mengindikasikan adanya konstripasi. Menurut peneliti, ekstrak daun salam menurunkan rasio transit pada pencernaan, yang mengakibatkan sulitnya buang air besar pada mencit.

Peneliti mencoba mengkombinasikan pemberian ekstrak daun salam dan daun cincau. Setelah diuji, terlihat jumlah feses mencit yang diberikan tambahan ekstrak daun cincau menjadi lebih banyak. Hal ini membuka kesimpulan, khasiat daun salam sebagai antihipertensi, diiringi dengan efek samping konstipasi, yang bisa diatasi dengan pemberian ekstrak daun cincau untuk mengencerkan feses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar