Active Search Results

Kamis, 09 Januari 2014

Manfaat Ekstrak Pegagan Sebagai Antituberculosis

manfaat ekstak pegagan

Ancaman penyakit TBC saat ini kian gencar. Mudahnya penularan TBC, membuat terkadang seseorang yang teridentifikasi TBC tidak menyadari hal tersebut. Pada orang dewasa sehat, TBC kadang tidak terlihat telah menginfeksi dirinya. Dalam keadaan ini bakteri tuberculosis seringkali dikatakan tidak reaktif. Pengobatan TBC sebenarnya mudah, namun karena berlaku jangka panjang, seringkali terjadi putus obat. Beberapa peneliti mencari alternative pengobatan lainnya, yang bisa membantu pengobatan utama. Manfaat ekstrak Pegagan untuk menghambat pertumbuhan bakteri pun, kemudian dipublikasikan sebagai hasil sebuah penelitian ilmiah.

Peran pemerintah dala penanganan pasien dengan TBC harus lebih digiatkan. TBC, merupakan penyakit kronis jika dibiarkan tanpa pengobatan yang terstruktur. Ancaman penyakit TBC tidak ringan, bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak dihandel dengan baik. Peneliti dari Sekolah Tinggi Farmasi Padang, dalam tulisannya mengenai Uji Aktivitas Anti TBC Ekstrak Etanol Pegagag, mengemukakan terlihatnya manfaat ekstrak Pegagan ini dalam menghambat perluasan penyakit TBC.
Kekhawatiran Penyakit TBC Menyebar Semakin Luas

Tidak hanya mengkhawatirkan bagi orang dewasa, penularan TBC pada anak-anak pun sangat mudah. Tidak heran, beberapa anak dengan hambatan pertumbuhan sering dikaitkan dengan keadaan ini. Di Indonesia, TBC masih menjadi salah satu factor kematian terbesar disamping penyakit jantung  dan saluran pernapasan.

Manfaat ekstrak pegagan untuk mengatasi TBC, yang dilakukan oleh Lia Marliani, dkk, memang baru sebatas pengujian in vitro. Namun, melihat hasilnya, terlihat adanya kemampuan yang cukup besar dari ekstrak pegagan ini. Dalam penelitian ini, penelitia mencoba membandingkan manfaat ekstrak pegagan untuk mengatasi TBC dengan penggunaan Obat Anti TBC yang selama ini digunakan.

Selain untuk menguji efektivitas dan manfaat ekstrak pegagan untuk mengatasi TBC, peneliti juga pastinya berharap penelitian ini bisa menjadi satu referensi bagi dunia kesehatan, tentang pemanfaatan sumber daya alam hayati untuk mengatasi penyakit-penyakit menular, salah satunya TBC
Manfaat Ekstrak Pegagan Terlihat Nyata

Walaupun belum sering terdengar, namun peneliti telah menyimpulkan adanya dampak nyata manfaat ekstrak pegagan ini untuk mengatasi TBC. Dengan menggunakan media yang telah dikembangbiakan dengan bakteri tuberculosis dalam beberapa konsentrasi, peneliti menyimpulkan, ekstrak Pegagan dalam menghambat pertumbuhan bakteri di media tersebut, bahkan sampai dengan tidak ada koloni bakteri yang tumbuh sama sekali.

Saat dibandingkan dengan obat anti tuberculosis, peneliti mengatakan pada konsentrasi yang disetarakan, ekstrak pegagan memiliki efektivitas antituberculosis. Namun manfaat ekstrak Pegagan ini untuk antituberculosis, belum dipaparkan lebih lanjut mengenai mekanisme penghambatannya. Hal ini membutuhkan uji lanjutan.

Seiring dengan mudahnya penularan TBC kepada orang dewasa dan anak-anak, diharapkan penelitian tentang pengembangan obat TBC dari bahan alam ini bisa gencar dilakukan, agar bisa tercipta produk-produk yang memberikan peluang besar bagi penyembuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar